Pagar Panel Beton, Material Sempurna Untuk Bangunan Anda

harga pagar panel betonPagar panel beton ialah salah satu jenis beton precast, ia umumnya dibuat berbentuk persegi panjang yang dapat disusun bersama dengan panel lainnya yang dibantu oleh tiang kolom untuk memperkuat strukturnya.

Pada awalnya, pagar panel beton dipasang secara horizontal untuk membatasi suatu pekarangan. Umumnya panel beton ini sering kita jumpai ketika digunakan sebagai pagar di lahan pabrik yang luas atau perkebunan. Namun sekarang banyak juga yang memanfaatkan pagar panel beton ini untuk pembangunan rumah.

Pagar beton dibuat dari material seperti semen, pasir, abu batu dan kerikil yang kemudian dicampur dan dicetak menggunakan cetakan yang terbuat dari plat besi. Pagar panel beton termasuk ke dalam produk beton precast basah karena menggunakan material beton basah dalam proses pembuatannya,

Bagian-Bagian Pagar Beton

Pagar panel beton ini memiliki dua komponen utama serta satu komponen pendukung, yakni daun panel, tiang kolom dan kawat berduri. Apa fungsi ketiga komponen ini? Simak penjelasannya di bawah ini :

1. Daun Panel Beton

Daun panel beton adalah badan dinding dari pagar beton yang berbentuk persegi panjang. Umumnya bersifat solid, namun karena kebutuhan konsumen ada beberapa daun panel yang dibuat tembus pandang. Model pagar beton seperti ini biasa disebut sebagai pagar panel beton berongga.

Daun panel memiliki beberapa variasi ukuran, namun salah satu variasi ukuran yang paling sering digunakan adalah daun panel dengan dimensi panjang 240 cm dan tebal 5 cm, yang memiliki ketinggian 40 cm dan 45 cm.

2. Tiang Pagar Beton

Komponen kedua adalah tiang pagar beton atau yang biasa disebut tiang kolom. Tiang kolom ini juga terbuat dari campuran beton. Ia berfungsi sebagai penjepit dan tumpuan agar daun panel tetap tegak berdiri.

Ukuran tiang ini beragam, karena mengikuti ketinggian daun panel betonnya.

3. Besi Siku dan Kawat Duri

Selain dua komponen utama di atas, ada juga komponen pendukung yang membantu memperkuat struktur pagar. Ia adalah besi siku dan kawat duri. Dua elemen pendukung ini biasanya dipasang pada bagian paling atas daun panel dengan tujuan agar tidak ada yg bisa melompati pagar.

Besi siku dipasang di puncak tiang kolom, kemudian kawat duri di kaitkan dari satu besi siku ke besi siku lainnya agar membentang dengan kuat.

Fungsi utama komponen pendukung ini adalah sebagai pengaman pada pagar panel beton, agar tidak bisa dilompati oleh orang luar.

Kelebihan Pagar Panel Beton

Jika Anda bandingkan dengan pagar konvensional lainnya, pagar panel beton jelas punya beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

1. Mudah

Sama seperti kebanyakan beton precast lain, kelebihan pagar panel beton pun juga sama yaitu mudah dipasang alias praktis. Tidak ada proses rumit seperti mengumpulkan material, menyampur, mengaduk, dan lain lain. Anda hanya tinggal membuat pondasi, menyiapkan pagar dan menyusun. Proses yang sangat singkat dan mudah.

2. Hemat Waktu dan Biaya

Karena tinggal pakai, otomatis pagar panel ini akan menekan banyak waktu pengerjaan. Dengan singkatnya waktu pengerjaan, biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa pun menjadi banyak berkurang sehingga dana yang harus Anda keluarkan menjadi lebih sedikit.

3. Bisa Dipindah dan Dibangun Kembali

Jika Anda ingin mengubah area yang perlu dibatasi, Anda tentu harus mengubah posisi pagar juga, bukan? Jika Anda menggunakan metode konvensional, maka Anda harus menghancurkan pagar yang ada dan membangun pagar yang baru. Namun, lain halnya jika Anda menggunakan pagar beton precast. Anda hanya perlu membongkarnya dan menggunakan kembali beton precast yang sudah ada bongkar sebelumnya.

Tips dan Trik Menggunakan Pagar Panel Beton

Salah satu kekurangan beberapa jenis produk beton siap pakai atau beton precast adalah, pemasangannya yang sedikit memerlukan trik. Salah satu jenis beton precast yang memerlukan trik dalam pemasangannya adalah pagar panel beton ini.

Saat Anda mendirikan pagar beton precast, maka pastikan agar penyusunan dibuat dengan sangat rapi, karena pemasangan yang kurang rapi dapat mengakibatkan komponen menjadi mudah patah dan pasangan pagar menjadi tidak kokoh.

Pastikan pondasi dibuat datar dan rata. Pagar beton precast harus berdiri diatas pondasi yang datar dan rata. Jika kontur tanah areanya miring, maka pastikan pondasi dibuat sedatar dan serata mungkin.

Atau jika Anda tidak ingin mengambil resiko, silahkan gunakan jasa pemasangan beton precast yang sudah ahli.

Tags: pagar panel beton